Thursday, November 19, 2009

Sekilas Tentang Nokia Life Tools

http://tentangdigital.wordpress.com

Jakarta – Nokia baru saja meluncurkan layanan barunya bernama Nokia Life Tools. Sebenarnya apa yang ditawarkan layanan tersebut?

Pada dasarnya layanan ini terbagi menjadi 3 bagian: pertanian, pendidikan, serta hiburan. Dalam hal ini Nokia bekerjasama dengan beberapa pihak seperti: Departemen Pertanian, BMKG, Synovate dan mitra industri lain dengan memberikan informasi, harga, berita dan tips berguna yang dikirim langsung ke pelanggan.

Dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Kamis (5/11/2009) Dr.Ir. Zaenal Bachruddin, M.sc selaku Dirjen Pengolahan dan Pemasaran hasil Pertanian, Departemen Pertanian RI memberikan penjelasan.

“Layanan pertanian akan menyediakan informasi komoditas mulai dari bibit, ternak, holtikultura, dan perikanan,” ujarnya. Dijelaskan juga bahwa pelanggan dapat berlangganan tiga macam komoditas yang paling sering ditanam di wilayah mereka. Selain itu masih ada beberapa informasi lain seperti prakiraan cuaca, harga komoditi, berita, serta tips seputar pertanian.

Pada layanan pendidikan dibagi menjadi belajar bahasa Inggris, pengetahuan umum dan persiapan ujian. Persiapan ujian ini ditujukan bagi siswa/siswi SMP dan SMA. Sedangkan layanan hiburan ini menempilkan konten hiburan seperti berita, musik, komik, humor, astrologi, serta resensi film.

Konten-konten diatas dapat dinikmati pengguna dengan sistem ermintaan/berlangganan melalui SMS. Mengapa SMS? Nokia mengatakan karena SMS dapat digunakan kapanpun dan dimanapun, selama ponsel berfungsi, tanpa perlu mengatur setting atau perlunya jangkauan GPRS. Layanan ini akan tersedia di Indonesia mulai awal Desember 2009, dengan layanan pertanian untuk Jawa dan Sumatra di tahap awal, serta layanan pendidikan dan hiburan yang tersedia secara nasional. ( j-red )

No comments:

Post a Comment